kumpulan desain rumah minimalis terbaru

Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Daya tarik sebuah rumah tidak hanya tergantung dari desain interiornya saja, tetapi juga terletak pada pemilihan warna cat yang tepat. Apalagi untuk tipe rumah minimalis yang notabene luasnya tidak begitu besar, pasti inspirasi warna yang sesuai sangat dibutuhkan supaya rumah nampak indah dilihat meskipun ukurannya kecil. Tips memilih warna cat rumah minimalis sendiri juga penting untuk lebih menekankan unsur minimalis yang berkesinambungan sebagaimana konsep dasar yang diterapkan, sehingga dari aspek warna, konstruksi, dan dekorasi mampu bersinergi menjadi hunian minimalis yang nyaman dan asri.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Warna Netral untuk Rumah Minimalis Berkarakter
Mengacu pada konsep yang diusung, rumah minimalis lebih ideal jika menggunakan cat warna netral dan cenderung cerah. Warna yang dipilih tersebut bisa diaplikasikan pada seluruh dinding baik bagian dalam atau luar rumah. Untuk menghindari kesan membosankan,bisa ditabrakkan dua pilihan warna berbeda namun unsur netral dan cerah tidak boleh ditinggalkan. Sementara untuk cat teras rumah tetap menggunakan warna netral namun dengan sedikit diberi hiasan, misalnya hiasan dari batu alam yang lembut. Tentu saja penambahan batu alam yang khas ini dapat memberi nuansa sejuk di teras rumah.

 
Untuk bahan kusen baik itu kusen pintu atau jendela, pilihan yang tepat adalah bahan aluminium dengan warna agak gelap. Apabila lebih fanatik ke kayu sebaiknya menggunakan kusen yang tidak terlalu banyak profil supaya tidak terlihat kontras dengan konsep rumah minimalis yang dipilih. Untuk cat plafon lebuh bagus menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan modern serta ruangan yang terlihat lebih luas.


 

Jika bagian dinding dan plafon menggunakan warna putih atau warna netral lainnya, sebaliknya untuk lantai bisa dipilih warna-warna yang agak gelap. Keramik dari marmer bisa dicoba, atau jika lebih suka lantai dari kayu bisa menggunakan bahan kayu dengan sedikit polesan warna gelap. Untuk pilihan warna gelap pada lantai rumah minimalis bukan tanpa sebab. Lantai dengan warna gelap lebih terkesan elegan apalagi jika dikombinasikan dengan karpet warna biru tua atau coklat.


Meskipun digunakan untuk rumah minimalis sesekali memilih warna cat sedikit ekstrim juga tidak masalah, sekali lagi asalkan tidak meninggalkan unsur cerahnya. Kita ambil contoh warna hitam. Warna yang sering dikonotasikan dengan ha-hal menyeramkan karena mengandung aura gelap ini dapat memberi kesan kokoh dan dinamis jika diaplikasikan pada desain rumah minimalis. 




Tentu saja tips memilih warna cat rumah minimalis dengan unsur gelap ini tidak boleh berlebihan jika tak ingin dikatakan sebagai rumah angker. Warna hitam ini cukup dikombinasikan dengan warna lain yang tetap netral dan sebaiknya dimodifikasi dengan hiasan-hiasan untuk menetralisir warna hitam agar tidak terlihat mencolok, misalnya di samping kanan atau kiri teras dibuat kolam ikan kecil dihiasi lampu temaram diatasnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis